Pertumbuhan di Masa Pubertas


Pubertas adalah periode perubahan. Tumbuhnya pertumbuhan dan area tubuh tertentu tiba-tiba berkembang. Kulit adalah organ yang agak elastis yang mampu kembali ke keadaan semula. Namun, selama masa pubertas ketika tubuh mengalami perkembangan yang cepat, ada beberapa contoh di mana kulit menjadi tidak mampu mengatasi perubahan tubuh yang sedang tumbuh. Kulit mengalami peregangan yang berlebihan sehingga merusak dan merobek kolagen penunjang dan serat elastis, zat utama yang terdiri dari sebagian besar kulit kita. Ketika kerusakan dan robekan ini mencoba untuk menyembuhkan, jaringan parut, dalam bentuk stretch mark, menjadi tak terhindarkan.

Penampilan dan Tekstur

Stretch mark mulai berwarna merah dan keunguan. Akhirnya mereka berubah menjadi putih keabu-abuan. Mereka dipandang sebagai garis-garis bengkok dan bergelombang sementara beberapa muncul sebagai garis-garis spidery dan bercabang. Mereka juga merasa berbeda dari kulit normal. Tekstur dapat berkisar dari yang indentasi tumbuh tinggi ke yang sedikit meningkat sementara yang lain menjadi mengkilap. Stretch mark mungkin memudar seiring waktu hingga titik yang sulit dideteksi. Ini adalah kejadian yang tinggi untuk remaja yang sedang tumbuh karena pada usia kehidupan ini tubuh dapat menyembuhkan dan pulih lebih cepat daripada orang dewasa.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, ada orang yang mengalami tanda-tanda kecil dan gejala yang terkait dengan stretch mark ini. Beberapa orang mengalami rasa sakit, berdenyut, gatal, dan ketidaknyamanan lainnya.

Diagnosa

Dokter kemungkinan akan memeriksa kulit normal dan yang terkena kemudian meminta riwayat medis pasien untuk membantu dalam diagnosis. Jika dokter mencurigai bahwa stretch mark adalah akibat dari kondisi medis yang lebih serius, tes diagnostik lebih lanjut akan dilakukan seperti tes darah dan pencitraan.

Perawatan

Ada banyak perawatan yang tersedia tergantung pada prioritas seseorang. Jika uang bukan kendala maka metode bedah kosmetik mungkin memiliki daya tarik tinggi. Metode semacam itu termasuk terapi laser, pengelupasan kimia, dan terapi cahaya, yang semuanya melibatkan melukai kulit yang rusak secara sengaja untuk merangsang pembentukan kulit baru dan lebih sehat. Intervensi bedah tidak sangat dianjurkan untuk remaja karena tubuh masih tumbuh dan tanda peregangan kemungkinan akan memudar seiring waktu. Alternatif lain yang tidak terlalu invasif dan ramah anggaran adalah pengobatan topikal. Krim dan lotion yang efektif adalah yang mengandung retinoid, steroid topikal, dan asam alfa hidroksi. Losion pelembab seperti cocoa butter dan minyak gandum tidak hanya wangi, tetapi juga menenangkan dan menyegarkan kulit dengan merangsang sirkulasi darah yang dibutuhkan untuk penyembuhan tumbuh tinggi yang lebih cepat. Ada persiapan topikal yang mengandung vitamin A, C, dan E esensial yang penting untuk kesehatan kulit. Semua perawatan yang disebutkan membutuhkan waktu dan kesabaran sebelum hasilnya terlihat.

Untuk hasil yang segera, lotion penyamakan dan penyembuh tubuh bekerja sangat baik dalam menyembunyikan stretch mark dalam sekejap. Pastikan untuk membeli produk penyamaran ini di dekat warna kulit Anda untuk tampilan yang alami. Terakhir, mengenakan jenis pakaian yang tepat akan menyembunyikan area yang tidak ingin dilihat orang lain. Dengan berbagai pilihan tren fesyen yang tersedia saat ini, gaya biasanya tidak terganggu. Ini juga akan memberi Anda kesempatan untuk bersenang-senang dan bereksperimen dengan pakaian. Jadi silakan dan bersenang-senang!

Komentar

Postingan Populer