Amsterdam - Ibukota Dingin

Progresif, damai, kaya akan sejarah budaya dan bakat untuk kreatif yang liar membuat Amsterdam menjadi petualangan perjalanan.

Ketika John Lennon menikahi Yoko Ono pada tahun 1969, selama puncak Perang Vietnam, mereka menghabiskan bulan madu mereka dengan "Bed-In for Peace" selama dua minggu di Presidential Suite di Amsterdam Hilton. Berdasarkan perjalanan baru-baru ini ke Amsterdam, tebakan saya adalah mereka memilih kota ini karena Belanda adalah di antara orang-orang yang paling cinta damai, diplomatis dan serba bisa di planet ini.

Tampaknya ada dalam DNA mereka. Mungkin karena selama berabad-abad Belanda, dan khususnya Amsterdam, adalah pusat perdagangan dunia. Kapal-kapal berlayar ke Laut Baltik, Amerika Utara, Afrika, Indonesia, India, Sri Lanka, dan Brasil - lalu kembali lagi. Itu adalah pusat keramaian bagi para pelancong, pedagang, dan pencari Travel juanda ke malang petualangan dari seluruh dunia, semua dengan berbagai bahasa, adat istiadat, dan agama yang berusaha membuat kekayaan mereka. Tentu saja, itu perlu akur.

Ada juga faktor keren berbeda yang beberapa orang gambarkan sebagai "aneh." Ini bukan Hollywood yang keren di Los Angeles atau yang keren di New York - faktor keren di Belanda berasal dari kehidupan kota yang cerdas, perlu, saat Anda tinggal di salah satu negara paling padat penduduknya di Bumi. Dinginkan juga untuk sikap sosial progresif mereka tentang perkawinan gay, ganja, pelacuran, dan bunuh diri yang dibantu dokter.

Keren "hijau" jelas. Di mana lagi Anda bisa melihat puluhan pengusaha mengendarai sepeda untuk bekerja dan ribuan sepeda diparkir di stasiun kereta? Ada "pintar" keren juga. Lihat saja bagaimana mereka bergerak mulus dari satu bahasa ke bahasa lain dengan penuh percaya diri.

Semua ini dan banyak lagi saya temukan hanya dalam 4 malam dan 3 hari di Belanda.

Tanpa ada waktu luang, saya fokus pada dua kota: Amsterdam dan Haarlem di dekatnya mengambil penerbangan nonstop 14 jam dengan KLM Royal Dutch Airlines dari Los Angeles. Di Amsterdam, seperti halnya di banyak kota di Eropa, transportasi umum berlimpah. Kereta berjalan dari bandara ke mana pun Anda pergi dan semua orang berbicara bahasa Inggris dan dengan senang hati mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Pada hari saya tiba, semua hotel di dekat pusat bersejarah telah dipesan, jadi saya tinggal di Novotel Hotel bintang 4 di sisi selatan Amsterdam. Bangunan tinggi kontemporer ini memiliki fasilitas lengkap dan hanya beberapa blok dari Pusat Travel juanda malang Pameran dan Konvensi RAI yang masif. Dilihat dari jaket dan dasi di lobi, itu adalah favorit bagi pelancong bisnis.

Untuk menghemat waktu dan uang, saya membeli I Amsterdam City Card, "kartu pintar" yang dilengkapi dengan buku panduan, kupon untuk 50 kegiatan gratis dan potongan harga dan penawaran restoran, dan kartu GVB untuk transportasi umum tanpa batas selama periode saya. tinggal. Perjalanan ini adalah tentang melakukan yang terbaik yang dapat saya lakukan hanya dalam beberapa hari, dimulai dengan janji makan malam di Brasserie Harkema dekat pusat kota. Dengan kartu GVB terpercaya saya dan didukung oleh petugas Novotel (yang meyakinkan saya berkali-kali bahwa saya tidak perlu taksi), saya naik trem dan pergi ke malam, berdoa saya tidak akan tersesat.

Aku merindukan perhentianku beberapa blok, tetapi aku tidak keberatan berjalan kembali ke daerah Spui tempat makan malamku menunggu. Terletak di jalan pejalan kaki di antara dua dari ratusan kanal yang membentuk jaringan di seluruh kota, Brasserie Harkema kontemporer menyediakan santapan lezat sup labu dengan crème d'anise diikuti oleh tuna panggang dengan wasabi dan tart apel dengan es kayu manis krim untuk pencuci mulut.

Arsitektur di Amsterdam sangat memesona, apakah itu ultra-kontemporer di area yang lebih baru atau berusia ratusan tahun di pusat kota. Salah satu cara terbaik untuk menikmati daerah bersejarah adalah dengan naik kanal. Saya menikmati barang saya berkat kupon gratis di buku panduan I Amsterdam saya. Betapa nikmatnya bersandar, bersantai, dan meluncur di rumah-rumah bertingkat. Struktur dengan runcing yang unik ini begitu tinggi dan sempit sehingga furnitur dipindahkan masuk dan keluar dari lantai atas dengan blok dan katrol yang dipasang di atap rumah.

Jika rumah-rumah itu tampaknya condong ke depan, itu bukan karena Anda memiliki terlalu banyak Heinekens di kota kelahiran Amsterdam. Struktur ini seharusnya condong ke depan. Bagaimana lagi Anda menjaga piano dari menggesek dinding saat Anda menariknya ke lantai 5?

Karena Amsterdam pernah menjadi pusat dunia untuk perbankan dan perdagangan, itu juga merupakan habitat yang menarik bagi para seniman yang membuat potret lukisan hidup mereka. Sampai hari ini, Amsterdam menyerukan kepada mereka yang memiliki bakat kreatif dan menyediakan ruang yang luas untuk seni - dari karya-karya Rembrandt dan Van Gogh yang tak ternilai hingga karya seni modern yang paling keren. Museum Van Gogh adalah suatu keharusan dengan karya-karya seperti Bunga Matahari, Kamar Tidur, Ladang Gandum dengan Gagak â € œEURo dan yang paling mengejutkan, potret diri hipnotis Van Gogh â € œEURo semuanya pada pameran permanen.

Komentar

Postingan Populer